Breaking News
sourcce : telkom.co.id

Resmikan Smart Village Nusantara, Telkom Siap Mendukung Digitalisasi Desa

Telkom dengan Kemendes PDTT bersama- sama mengolah pengembangan dan penerapan smart village melalui optimalisasi infrastruktur jaringan dan solusi ICT yang bernama Smart Village Nusantara. Dua Desa menjadi percontohan pengembangan Smart Village Nusantara yaitu Desa Kemuning di Jawa Tengah dan Desa Pangandaran di Jawa Barat.

Edi Witjara berkata Smart Village Nusantara adalah sebuah dukungan Telkom terhadap pemerintah dalam membangun Indonesia melalui potensi di desa-desa. Beliau juga mengatakan pengembangan smart village di Indonesia dinilai bisa meningkatan aktivitas dan produktivitas ekonomi di Pedesaan.

Beliau berbicara soal pelaksanaan uji coba Desa Pintar Nusantara difokuskan pada beberpa aspek utama, yakni pemerintah, ekonomi dan sosial, dengan target menerapkan pada beberapa desa yang memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda. Berbagai macam Aplikasi support digitalisasi desa digelar sesuai kebutuhan dan karakteristik desa serta mendorong optimalisasi pemanfaatannya untuk pengembangan lebih lanjut.

Pak Edi mengatakan pengembangan Desa Kemuning sebagai desa percontohan Desa Pintar Nusantara di Jawa Tengah ini, memberikan Power khusus bagi desa tersebut untuk dapat menjadi desa yang lebih powerful dalam pemanfaatan ICT untuk pembangunan desa dan masyarakatnya.
Dukungan prasarana & jaringan akses serta solusi dan aplikasi yang digelar dipercay dapat mendorong pengembangan dan penerapan desa digital dengan maksimal khususnya untuk sektor pemerintahan, ekonomi, dan sosial.

Edi pun mengatakan acara ini merupakan bagian dari rangkaian agenda uji coba desa digital Desa Pintar Nusantara, sebagai bagian dari Kota Pintar Nusantara milik Telkom. Melalui Program ini, keseluruhan sistem berbasis digital akan dikembangkan dan diterapkan untuk digitalisasi desa. Demi mensupport prioritas pembangunan nasional dalam era revolusi industri 4.0 sekaligus untuk mendorong keberlanjutan pembangunan nasional, membangun Indonesia menjadi lebih maju menuju Smart Nation, pungkas Edi.

Sementara itu, Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi mengapresiasi tindakan Telkom dalam menginisiasi pengembangan desa melalui program Desa Pintar Nusantara. Menurut beliau, desa adalah masa depan Indonesia dan harus dikembangkan terutama dari tiga sektor yang harus dimaksimalkan.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko turut mengapresiasi adanya Desa Pintar Nusantara. Pemerintah menempatkan desa digital sebagai program prioritas nasional. Dengan Desa Pintar Nusantara ini, dari sisi eksternal, desa akan membuka jendela dunia dan dikenal. Dari sisi internal, dengan digitalisasi desa ini akan mempermudah dalam administrasi pemerintah dan meningkatkan ekonomi desa,” ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga turut menyampaikan hal yang sama. Ganjar berharap adanya program digitalisasi dari Telkom ini wirausaha dapat terus didorong melalui kompetisi & kolaborasi, sehingga desa dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali turut hadir dalam acara tersebut, Komisaris Independen Telkom Marsudi Wahyu Kisworo, Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.