Breaking News

Aplikasi Editing Foto dan Video di HP Android Ini Bisa Curi Data, Hati-Hati!

Ubah video dan foto saat sebelum dipublish ke media sosial Instagram atau Facebook ialah hal yang telah terbiasa dilaksanakan beberapa orang, terutamanya beberapa muda-mudi yang ingin fotonya kelihatan lebih berbeda. Tetapi apa kamu tahu rupanya ada Program Koreksi Photo dan Video di Android yang beresiko sebab bisa curi data kamu?

Maka masih tetap ada beberapa orang yang tidak bertanggungjawab manfaatkan ketenaran ubah video dan foto di HP. Bisa dibuktikan Google telah menghapun beberapa program yang berada di Google Platstore karena dipandang ada Malware beresiko yang dapat mengambil data pemakainya.

3 Aplikasi Editing Foto Yang Mengandung Malware

Dari beberapa program yang dihapus oleh Google, ada 3 program ubah video dan foto yang dihapus karena masuk kelompok sebagai program beresiko yang ada malware di dalamnya. Program itu dapat mengambil data privacy pemakainya secara sembunyi-sembunyi dan dikutip dari situs BGR India, Kamis (21/10/2021) berikut ialah daftar program koreksi video dan foto yang beresiko :

  1. Pix Photo Motion Edit 2021
  2. Magic Photo Lab – Photo Editor
  3. Blender Photo Editor – Easy Photo Background Editor

Sekarang ini, ke-3 program itu tidak dapat kalian dapatkan di Playstore, karena Google kelihatannya telah hapus program itu. Tetapi, bila kamu berasa pernah instal salah satunya program koreksi photo itu, benar-benar dianjurkan untuk selekasnya hapus aplikasinya dari HP Androidmu.

BGR India menerangkan jika Kaspersky sudah mengetahui ke-3 program ini lakukan perampokan info/data dari pemakainya dengan harus login memakai Facebook untuk terhubung program itu. Selanjutnya mereka akan terhubung rekening Bank.

Jumlahnya beberapa aplikasi baru yang memberi pilihan “Login With Facebook” ialah trick yang tepat untuk menipu korbannya, umumnya beberapa pemakai tentu pilih pilihan itu karena tidak mau ribet membuat account baru dengan isi beberapa form.

Google Hapus Aplikasi Yang Terdeteksi Ada Malware GriftHorse

Malware GriftHorse Trojan (ilustrasi: droid.news)

Baru saja ini Google baru hapus sekitar 150 program beresiko dari Playstore, karena di program itu teridentifikasi malware GriftHorse Trojan yang apabila sudah masuk ke piranti Android, akan serang piranti itu dengan munculkan pemberitahuan ia memenangi hadiah.

Langkah kerja dari Trojan GriftHorse ini ialah saat kamu click pemberitahuan bisa hadiah yang ada itu, maka ditujukan ke browser dan masuk ke website yang minta klarifikasi dengan masukkan nomor telephone. Walau sebenarnya, itu ialah sebuah tipuan yang mana nomor itu didaftarnya ke service abonemen SMS Premium sejumlah 30 Euro atau sekitaran RP 494.000).