Waspada Hujan Lebat Potensi Banjir Di Sejumlah Provinsi

Tubuh Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca pada Sabtu 23 Oktober ini. Hujan deras yang dibarengi angin ribut dan kilat akan mencakup beberapa daerah Indonesia, terhitung Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Menurut info prediksi cuaca yang ditayangkan di situs sah BMKG, hujan deras dibarengi angin ribut dan kilat berkesempatan terjadi pada bagian daerah Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan deras dibarengi angin ribut dan kilat diprakirakan terjadi pada bagian daerah Propinsi Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi tengah.

BACA JUGA  Nasib Bripda Ab Adik Puput Nastiti Usai Pakai Mobil Dinas Pjr Untuk Pacaran

Hujan dengan intensif lebih enteng diprakirakan turun pada bagian daerah Propinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Di Ibu Kota, hujan enteng mempunyai potensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur di siang hari.

BMKG sampaikan peringatan berkenaan kekuatan musibah banjir di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

Menurut BMKG, kenaikan kekuatan hujan di beberapa daerah propinsi terjadi karena perputaran siklonik yang terlihat di Teluk Thailand, Kepulauan Bangka Belitung, dan Samudera Pasifik utara Halmahera yang membuat wilayah tatap muka dan pelambatan angin atau konvergensi.

BACA JUGA  Mark Zuckerberg Resmi Umumkan Ganti Nama Facebook Menjadi Meta

Wilayah konvergensi terlihat memanjang dari Selat Malaka sampai perairan timur Riau, Samudra Hindia barat Banten, perairan utara Papua, dan Papua.

Kehadiran wilayah konvergensi tingkatkan kekuatan perkembangan awan hujan disekitaran daerah perputaran siklonik dan di sejauh wilayah konvergensi.

Berikut prediksi cuaca untuk ini hari dari BMKG, mudah-mudahan menjadi tutorial untuk Anda yang hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *