Kapolri Angkat Suara Soal Marak Pelanggaran Anggota Polisi

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo angkat bicara hal ramainya pelanggaran yang sudah dilakukan pelaku anggota kepolisian. Dia memperjelas untuk pelaku polisi yang menyalahi ketentuan untuk selekasnya diolah dengan tegas.
“Perlu perlakuan tegas, jadi tolong tidak boleh gunakan lama. Selekasnya lepas, PTDH (penghentian tidak dengan hormat) dan proses pidana. Selekasnya kerjakan dan ini jadi contoh untuk yang lain. Saya meminta tidak ada Kasatwil (Kepala Unit Daerah) yang sangsi. Jika sangsi, saya mengambil pindah,” kata Listyo, Selasa (19/10).

Listyo sayangkan pelaku polisi yang tidak patuh ketentuan akan menghancurkan citra dan rekam jejak polisi yang semestinya bekerja untuk menolong dan layani warga, misalkan menolong pengatasan wabah, pendistribusian bansos, program vaksinasi, sampai pemantauan prosedur kesehatan.

BACA JUGA  Mark Zuckerberg Resmi Umumkan Ganti Nama Facebook Menjadi Meta

Perlakuan tegas ini, katanya diambil untuk membikin dampak kapok untuk polisi yang tidak patuh ketentuan. Karena pelanggaran yang sudah dilakukan pelaku kepolisian bisa turunkan keyakinan warga ke Polri.

Awalnya, ada banyak kasus kekerasan dan sikap polisi yang tidak sesuai kaidah karier. Beberapa kasus muncul ke khalayak akhir-akhir ini seperti Brigadir NP yang lakukan smackdown ke mahasiswa yang berdemo sampai pukulan oleh polisi di Deliserdang.

Tidak itu saja, proses hukum yang sudah dilakukan polisi pada kasus sangkaan pencabulan jadi perhatian. Karena kasus pencabulan pada 3 orang anak ini sempat dihentikan, tetapi sekarang proses penyidikan dibuka lagi.

BACA JUGA  Kronologi As Dan China Saling Gertak Soal Taiwan

Kapolri juga minta supaya anggotanya untuk terima saran dan kritikan yang dilemparkan warga. Ini dilaksanakan supaya inspirasi itu menjadi bahan penilaian instansi penegak hukum ini.

Dia juga pastikan Polri ialah instansi terbuka yang tidak anti-kritik. Hingga saran yang memiliki sifat membuat bisa jadikan lembaga ini lebih bagus kembali.

“Tidak boleh anti-kritik, jika ada kritikan dari warga kerjakan mawas diri untuk jadi lebih baik,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *