Cara Download Windows 11 Gratis, Tersedia Hari ini 5 Oktober

Bulan Juni lalu, Microsoft sah mengenalkan mekanisme operasi barunya Windows 11. Mekanisme operasi penerus Windows 10 itu akan selekasnya ada pada 5 Oktober sebagai up-date gratis. Microsfot umumkan, pemakai Windows 10 sah akan memperoleh up-grade ke Windows 11 dengan gratis. Windows 11 akan dipasang di piranti yang dipasarkan dengan pre-load Windows 11. Namun, seperti peluncuran Windows versus awalnya, ketersediaannya dengan gratis akan digelontorkan dengan bertahap. Piranti baru yang cocok akan jadi fokus utama Microsoft.

Sesudahnya, Windows 11 akan ada ke semakin banyak customer dalam beberapa minggu di depan, sesudah tanggal 5 Oktober. “Kami mengharap semua piranti yang penuhi persyaratan (cocok) akan mendapatkan penawaran up-grade gratis ke Windows 11 pada tengah 2022,” terang Aaron Woodman, manager umum marketing Windows di Microsoft. Untuk pemakai Windows 10, pemberitahuan tersedianya Windows 11 akan ditampilkan pada menu Windows Up-date.

BACA JUGA  Hati-hati !! Share it versi Android Memiliki Masalah Pada Keamanan

Untuk download Windows 11, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Buka menu pengaturan/settings
  2. Pilih Pembaruan Windows/Update Windows
  3. Pilih Periksa pembaruan
  4. Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11
  5. Klik Download/Unduh dan install

Belum memberikan dukungan program Android Salah satunya feature yang memikat perhatian pada OS Windows 11 ialah support OS Android tanpa modifikasi khusus.

Sejauh ini, program Android cuman dapat digerakkan di mekanisme operasi Windows dengan kontribusi emulator atau dengan dual boot OS.

Namun, pemakai awalnya Windows 11 nampaknya harus bersabar, karena support untuk Android baru ada pada 2022. Pratinjau program Android di Windows 11 akan ada dalam program Windows Insider, yang hendak datang beberapa waktu kedepan. “Kami mengharap dapat melanjutan perjalanan kami untuk mendatangkan program Android ke Windows 11 dan Microsoft Toko, lewat kerjasama kami dengan Amazon dan Intel, ini akan diawali dengan pratinjau untuk Windows Insider sepanjang beberapa waktu kedepan,” kata Woodman. Inovasi ini diwujudkan karena kerja-sama Microsoft, Amazon, dan Intel. Program Android kelak dapat diketemukan di Microsoft Toko dan didownload lewat Amazon App Toko.

BACA JUGA  3 Cara Login Ke Router Mikrotik

Microsoft bekerja bersama dengan Intel memakai tehnologi Intel Bridge, yang membuat program Android dapat berjalan pada mekanisme berbasiskan x86. Program Android di Windows 11 tidak cuman bekerja dalam computer ber-CPU Intel saja, tetapi AMD dan ARM. Diringkas KompasTekno dari The Verge, Rabu (1/9/2021), Microsoft mengonfirmasi tipe piranti yang cocok dengan Windows 11 minggu kemarin. Awalnya, Microsoft umumkan, CPU yang memberikan dukungan Windwos 11 ialah Intel angkatan 8 atau yang lebih baru. Tetapi belakangan ini, Microsoft menjelaskan ada jalan keluar yang dapat dipakai untuk memasang Windows 11 untuk piranti lama.

BACA JUGA  Apple Sedang Mengembangkan Layar IPhone Lipat Dengan Panel OLED

PC dengan CPU lama yang gagal lolos tes penyempurnaan dengan cara resmi, dapat meng-install Windows 11 dengan manual melalui file ISO. Ini dapat dilaksanakan sepanjang PC mempunyai CPU 64-bit dual core, kecepatan minimum 1 GHz. Piranti harus juga mempunyai RAM 4 GB dan ruangan penyimpanan 64 GB, dan chip TPM 1.2.

Namun bila piranti lama dengan keadaan itu memaksakan up-grade ke Windows 11, piranti tidak memperoleh akses ke penyempurnaan Windows atau patch keamanan. Bila piranti tidak seutuhnya cocok dengan Windows 11, Microsoft akan memberi support untuk Windows 10 sampai 14 Oktober 2025. Tidak disebut berapakah kali penyempurnaan besar yang hendak digelontorkan Microsoft untuk Windows 10 sepanjang 4 tahun kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *