Kelas X, Sejarah, Pengaruh Islam di Nusantara, Lombard dalam Nusa Jawa: Silang Budaya menyebutkan perbedaan mendasar kerajaan-kerajaan yang pernah tumbuh di nusantara, yakni (1) kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang konsentris (mengandalkan pertanian) karena letaknya di pedalaman dan lebih tertutup & (2) kerajaan-kerajaan islam yang kosmopolit (terbuka) dan berada di pesisir dan terbuka terhadap orang/pengaruh luar., seperti disebutkan…

Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ?

Pertanyaan :

Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ?

Jawaban :


Kelas X, Sejarah, Pengaruh Islam di Nusantara, Lombard dalam Nusa Jawa: Silang Budaya menyebutkan perbedaan mendasar kerajaan-kerajaan yang pernah tumbuh di nusantara, yakni (1) kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang konsentris (mengandalkan pertanian) karena letaknya di pedalaman dan lebih tertutup & (2) kerajaan-kerajaan islam yang kosmopolit (terbuka) dan berada di pesisir dan terbuka terhadap orang/pengaruh luar., seperti disebutkan banyak literatur, bahwa perdagangan antar pulau di nusantara menjadi lebih bergairah pada masa islam. menurut Lombart, hal itu sangat berkaitan dengan keberadaan pusat pemerintahan islam yang berada di pesisir., Pesisir adalah citra masyarakar yang terbuka (kosmopolit) dan lebih dinamis. ini merupakan watak dasar pedagang dibandingkan masyarakat petani yang lebih menekankan pada kebaikan alam., Jawabnnya: faktor apa yang menyebabkan islammudah berkemabang di Indonesia? selain perkawinan, sikap keterbukaan dan keluwesan adalah kunci. namun yang paling penting peletakan pusat pemerintahaan atau kota raja di pesisir mendorong penyebaran yang masif.

Itulah Jawaban dari Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ? Semoga jawaban tersebut bisa membantu orang tua siswa yang sedang membantu anaknya dalam belajar dan mencarai jawaban dari soal yang di tanyakan.

Kemudian kami menyarankan agar siswa-siswi untuk melakukan pencarian jawaban dari soal-soal selanjutnya di situs kami.

Dislcaimer :
Jawaban yang di tampilkan pada artikel ini hanya digunakan untuk orang tua siswa-siswi dalam membantu proses belajar online siswa-siswi sehingga proses belajar anak menjadi lebih mudah. Pertanyaan yang disajikan diatas merupakan pertanyaan yang terbuka, dalam hal ini berarti banyak jawaban yang lain sehingga tidak terpaku jawaban seperti diatas.

Cara Mencari Jawaban :
1. siapkan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
2. kunjungi situs kami quotesul.com
3. klik kolom pencarian sebelah kanan atas
4. tulisakan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
5. tekan enter atau klik ikon kaca pembesar
6. selesai

quotesul.com