Setrika listrik komponen utamanya adalah koil (lilitan kawat yang dililitkan pada selempeng asbes/bahan lain yang tahan panas). Listrik dialirkan kekawat tersebut sehingga akan memanas. Bila setrika tidak ada saklar otomatisnya (prinsip kerja bimetal) maka biasanya lilitan tersebut sampai terlalu panas dan membara bisa sampai putus. Panas dari lilitan tadi akan tertransfer ke permukaan bawah setrika…

prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

Pertanyaan :

prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

Jawaban :


Setrika listrik komponen utamanya adalah koil (lilitan kawat yang dililitkan pada selempeng asbes/bahan lain yang tahan panas). Listrik dialirkan kekawat tersebut sehingga akan memanas. Bila setrika tidak ada saklar otomatisnya (prinsip kerja bimetal) maka biasanya lilitan tersebut sampai terlalu panas dan membara bisa sampai putus. Panas dari lilitan tadi akan tertransfer ke permukaan bawah setrika sehingga kita bisa menyetrika. Jadi bimetal dalam setrika akan selalu bekerja ketika lampu setrika menyala berarti bimetal menyala dan listirk dialirkan, sedangkan saat lampu setrika mati listrik tidak mengalir namun bimetal masih panas dan nanti ketika bimetal mulai mendingin (menyusut) lampu setrika kembali menyala begitu seterusnya.
,
, Bimetal terdiri dari dua lapisan logam (metal) yang memiliki koefisien pengembangan sangat berbeda. Pada suhu kamar (normal) keduanya memiliki panjang sama. Jika bimetal suhunya naik akan membengkok kearah lapisan dengan koefisien pengembangan lebih kecil dan jika didinginkan akan membengkok kearah yang koefisien pengembangannya lebih besar,, Pembahasan,
a.Keping bimetal
Keping
bimetal ialah dua keping logam yang berbeda koefisien muainya yang
dikeling menjadi satu . Jika keping bimetal itu dipanaskan maka
keping itu akan membengkok ke arah logam yang koefisien muainya
paling kecil. Akan tetapi jika didinginkan keping tersebut akan
membengkok kearah logam yang koefisien muainya paling besar.
,
Sebuah
termometer bimetal yang berbentuk lingkaran. Ujung A diikat
pada kaki termometer, ujung B diikat pada sebuah jarum yang dapat
berputar pada poros C kanan. Sebaliknya, jika suhunya turun bimetal
akan menjadi lebih lurus dan menggerakkan jarum ke kiri.
,
c. Termostat
, Kesimpulannya,

Itulah Jawaban dari prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik! Semoga jawaban tersebut bisa membantu orang tua siswa yang sedang membantu anaknya dalam belajar dan mencarai jawaban dari soal yang di tanyakan.

Kemudian kami menyarankan agar siswa-siswi untuk melakukan pencarian jawaban dari soal-soal selanjutnya di situs kami.

Dislcaimer :
Jawaban yang di tampilkan pada artikel ini hanya digunakan untuk orang tua siswa-siswi dalam membantu proses belajar online siswa-siswi sehingga proses belajar anak menjadi lebih mudah. Pertanyaan yang disajikan diatas merupakan pertanyaan yang terbuka, dalam hal ini berarti banyak jawaban yang lain sehingga tidak terpaku jawaban seperti diatas.

Cara Mencari Jawaban :
1. siapkan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
2. kunjungi situs kami quotesul.com
3. klik kolom pencarian sebelah kanan atas
4. tulisakan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
5. tekan enter atau klik ikon kaca pembesar
6. selesai

quotesul.com