dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya?

Pertanyaan :

dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya?

Jawaban :


Kelas: xi, pelajaran: sejarah, kategori: opti, kata kunci: Kasultanan Gowa, Sultan Hasanuddin, Ayam Jantan dari Timur, Kasultanan Gowa., Kasultanan Gowa bisa disebut sebuah kerajaan serikat. Dikatakan demikian, sebab kerajaan Gowa merupakan integrasi dari sembilan kerajaan yakni, Tombolo, Lakiung, Parang-Parang, Data, Agangjene, Saumata, Bissei, Sero dan Kalili. Oleh sebab itu Kasultanan Gowa juga dikenal sebagai Bate Salapang (sembilan Bendera)., Pusat kerajaan Gowa berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Kerajaan ini diperkirakan berdiri sejak abad ketigabelas. Kerajaan ini dikategorikan sebagai kerajaan maritim, dengan perdagangan rempah-rempah sebagai komuditas unggulan., Sebagai sentra rempah, maka wilayah ini menarik minat VOC untuk mendatanginya. Awalnya kedatangan VOC tsb untuk tujuan dagang. Namun lambat laun, karena tingginya nilai komuditas rempah di pasar Internasional, VOC hendak memonopoli perdagangan rempah sehingga menimbukan percikan konflik dengan penguasa setempat. Puncaknya pada abad ketujuhbelas, yakni pada 1666 tatkala Laksamana Cornelis Speelman berusaha menundukkan kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi., Usaha Speelman tersebut tidak berjalan mulus manakala mendapatkan perlawanan dari Sultan Hasanuddin (nama asli , ) yang baru saja naik tahta. Dengan mengintegrasikan kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi, Hasanuddin membuat perlawanan dengan pasukan VOC. Karena keberanian dan kepatriotikannya, maka Hasanuddin dijuluki Ayam Jantan dari Timur. ,

Itulah Jawaban dari dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya? Semoga jawaban tersebut bisa membantu orang tua siswa yang sedang membantu anaknya dalam belajar dan mencarai jawaban dari soal yang di tanyakan.

Kemudian kami menyarankan agar siswa-siswi untuk melakukan pencarian jawaban dari soal-soal selanjutnya di situs kami.

Dislcaimer :
Jawaban yang di tampilkan pada artikel ini hanya digunakan untuk orang tua siswa-siswi dalam membantu proses belajar online siswa-siswi sehingga proses belajar anak menjadi lebih mudah. Pertanyaan yang disajikan diatas merupakan pertanyaan yang terbuka, dalam hal ini berarti banyak jawaban yang lain sehingga tidak terpaku jawaban seperti diatas.

Cara Mencari Jawaban :
1. siapkan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
2. kunjungi situs kami quotesul.com
3. klik kolom pencarian sebelah kanan atas
4. tulisakan pertanyaan yang akan di cari jawaban nya
5. tekan enter atau klik ikon kaca pembesar
6. selesai

quotesul.com