Breaking News

Nih Ada Yang Lebih Tangguh, iPhone 14 Pro Bakal Pakai Titanium Alloy

Jakarta – Rumor tentang iPhone 14 yang sudah beredar, meski iPhone 13 saat ini masih juga belum diluncurkan. Kabar terbaru menyebutkan iPhone 14 versi Pro yang akan menggunakan rangka titanium alloy yang lebih tangguh.

Menurut laporan yang dari JP Morgan Chase, iPhone 14 juga akan membawa banyak peningkatan, salah satunya penggunaan rangka titanium alloy. Rangka ini juga akan dibuat secara eksklusif oleh Foxconn, seperti yang dikutip dari MacRumors, Selasa (27/7/2021).

Saat ini material yang akan digunakan untuk membuat rangka iPhone 12 adalah aluminium dan stainless steel. Dan Jika dibandingkan dengan stainless steel, titanium alloy dan memiliki banyak keunggulan.

Titanium yanng memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi sehingga lebih tahan terhadap goresan, dan kekakuannya juga membuat material ini lebih tahan terhadap pembengkokan.

Titanium juga sama kuatnya dengan seperti baja tapi 45% lebih ringan, dan juga dua kali lebih kuat dibandingkan aluminium. Material ini juga lebih anti karat ketimbang material campuran yang lainnya.

Tapi penggunaan titanium di iPhone 14 juga sudah memiliki kelemahannya sendiri. Minyak dari sidik jari yang bisa terlihat lebih jelas di permukaan titanium dan titanium alloy, sehingga bisa juga meninggalkan bekas yang terlihat tidak menarik. Sifat titanium yang keras juga akan membuatnya sulit untuk diukir.

Sepertinya Apple juga sudah memikirkan cara untuk mengatasi dua masalah tersebut. Berdasarkan paten yang sudah didaftarkan, Apple juga sedang meneliti penggunaan lapisan oksida tipis untuk permukaan logam yang bisa mengurangi munculnya sidik jari di perangkat.

Selain itujuga Apple juga mengungkap proses blasting, etching, dan kimia yang sudah bisa memberikan finish mengkilap di permukaan titanium sehingga terlihat lebih menarik.

Apple sendiri juga sebelumnya telah menggunakan material titanium di beberapa model Apple Watch Series 6. Kartu fisik Apple Card juga sudah menggunakan material titanium.

Laporan dari JP Morgan Chase juga menguatkan rumor yang sudah menyebutkan Apple tidak akan meluncurkan iPhone 14 mini dengan layar 5,4 inch. Sebelumnya analis Apple Ming-Chi Kuo yang sudah mengatakan Apple hanya akan menawarkan iPhone 14 dalam dua ukuran yaitu 6,1 inch dan 6,7 inch

Laporan ini juga yang menyebutkan fitur Touch ID akan kembali ke iPhone dalam bentuk baru, yaitu dengan menggunakan sensor sidik jari dari bawah layar atau di samping ponsel..