Breaking News
sumberteknobgt.com

Waw Karena Masalah Ini Facebook Dikabarkan Harus Melepas Whatsapp

Facebook saat ini sedang dilanda oleh masalah besar karena sedang menghadapi gugatan dari pemerintahan Amerika Serikat. Dan Juga Melalui US Federal Trade Commision (FTC) dan hampir semua negara bagian AS  sudah mendaftarkan gugatan hukum yang berpotensi Facebook harus rela melepas ataupun menjual WhatsApp termasuk Instagram.

Alasannya apa Facebook harus Merelakan melepas Whatsapp dari perusahaannya? ternyata Facebook telah dituduh menggunakan kekuatan pasarnya untuk menyingkirkan pesaingnya. Hal ini juga sebelumnya pernah terjadi pada Google Alphabet yang telah  digugat juga oleh Departemen Kehakiman AS. Jadi perusahaan yg menaungi facebook ini tsudah dianggap melakukan monopoli untuk mengalahkan kompetitornya.

Dilansir dari laman Routers, Facebook yang dituding akan menyingkirkan atau menghancurkan kompetitornya dengan membeli sebelum menjadi besar. Kasus yang diajukan oleh penggugat terutama berfokus pada kepada pembelian Instagram pada tahun 2012 senilai USD 1 miliar dan WhatsApp senilai USD 19 miliar di tahun 2014.

Regulator yang menilai bahwa kedua akuisisi itu harus segera dibatalkan. Seperti yang telah dikatakan Letitia James, Jaksa Agung New York “Selama hampir satu dekade, Facebook juga telah menggunakan dominasi dan kekuatan monopolinya untuk menghancurkan rival lebih kecil, menghabisi kompetitor, semuanya yang dengan biaya dari para user sehari-hari,”

Letitia James yang menambahkan bahwa Tidak ada perusahaan yang harus memiliki kekuatan begitu besar tanpa dicek dalam hal interaksi pribadi dan sosial kita. Itulah kenapa kami tidak mengambil tindakan hari ini.

Sementara itu untuk juga  akan ada proses pengadilannya diprediksi akan berlangsung lama karena lembaga FTC sendirilah yang dulu mengizinkan akuisisi Instagram dan Whatsapp dilakukan oleh Facebook.

Tapi itu juga  langsung direspon oleh Facebook, dan mengatakan bahwa aturan anti kompetisi seharusnya tidak digunakan untuk menghukum perusahaan yang sukses. Dan Juga Melalui Penasihat hukumnya Jennifer Newstead, menyatakan bahwa Instagram dan WhatsApp justru sudah sukses karena Facebook yang berinvestasi miliaran dolar untuk menumbuhkan kedua aplikasi tersebut.

Menurut Jennifer, Aturan anti monopoli eksis yang untuk melindungi konsumen dan juga mempromosikan inovasi, bukannya hanya untuk menghukum bisnis yang sukses dan ini adalah peringatan menakutkan bagi bisnis Amerika bahwa tidak ada penjualan yang final.

Facebook ini juga sebenarnya salah satu perusahaan teknologi yang sangat besar, apalagi ditambah dengan mengakuisisi platform Whatsapp dan juga Instagram. Bisa anda yang bayangkan bahwa setiap layanannya (facebook, Whatsapp dan Instagram) ini telah juga memiliki lebih dari 1 miliar penggunanya dan mungkin akan terus bertambah.