Woww ff Bezos Bukan Lagi Sebagai CEO Amazon, Resmi Mengundurkan Diri!

Pada hari Selasa, 1 Februari 2021 kemarinlah Amazon ysng membuat pengumuman secara resmi bahwa Jeff Bezos yang telah melepaskan jabatannya sebagai CEO Amazon.

Selanjutnya, Jeff Bezos yang merupakan menjadi pendiri Amazon ini akan mendapatkan posisi sebagai Eksekutif Dewan Perusahaan. Sedangkan sosok yang akan menggantikannya sebagai CEO Amazon adalah Andy Jassy yang jabatannya sebelumnya adalah sebagai Head Of Amazon Web Services, Divisi Bisnis Cloud yang saat ini sedang menaikan daun.

Kabar tentang pendunduran diri Jeff Bezos sebagai CEO Amazon ini sudah bertepatan dengan dirilisnya keuangan terbaru dari Amazon. Perlu kita diketahui bahwa Amazon ini menjadi salah satu perusahaan yang sangat berkembang pesat dimasa pandemi ini. perusahaan ini sudah mencatat penjualan lebih dari USD 100 miliar untuk pertama kalinya.

“Amazon menjadi seperti ini karena ada penemuan,” kata Bezos. “Jika Anda melakukannya dengan benar, beberapa tahun setelah penemuan yang mengejutkan, hal baru ini menjadi normal. Orang-orang juga menguap. Menguap itu adalah pujian terbesar yang dapat diterima seorang penemu. Saat Anda melihat hasil keuangan kami, apa yang sebenarnya Anda lihat adalah hasil kumulatif jangka panjang dari penemuan tersebut.

“Saat ini  saya sudah  melihat Amazon dalam kondisi paling inventifnya, menjadikannya waktu yang optimal untuk transisi ini.”

Jeff Bezos sendirinya telah menjadi CEO Amazon sejak awal didirikan pada tahun 1995. Tugasnya adalah mengawasi perkembangan perusahaannya, mulai dari penjual buku online hingga saat ini menjadi raksasa ritel dan logistik global senilai USD 1,7 triliun loh.

Keberhasilan Amazon menjadi perusahaan besar ini sangat membuat Bezos jadi salah satu orang terkaya di dunia. Hingga saat ini, total kekayaannya sudah mencapai USD 181,5 miliar atau setara dengan Rp2.551 triliun.

27 tahun yang lalu nama Amazon ini hanyalah sebuah sebuah ide, dan dia tidak memiliki nama,” tulis Bezos dalam surat yang ditujukan kepada staffnya. Amazon  saat ini telah mempekerjakan 1,3 juta orang yang berbakat dan berdedikasi, yang pekerjaannya melayani ratusan juta pelanggan dan bisnis, dan secara luas diakui sebagai salah satu perusahaan yang paling sukses di dunia.

Untuk Andy Jassy sang penerus bangku Ceo Amazon, telah bekerja dengan Amazon sejak 1997 dan saat ini menjabat sebagai CEO bisnis cloud perusahaan, Amazon Web Services (AWS), pendorong keuntungan yang terbesarnya. Dalam kuartal terakhir, AWS menyumbang 10% dari penjualan dan 52% dari keuntungan perusahaanya.