Breaking News

21 Kata Mutiara Ucapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni, biasa diperingati oleh saling mengucapkan  Hari Lahir Pancasila.

Saling mngucapkan  selamat Hari Lahir Pancasila bisa meningkatkan rasa jiwa nasionalisme dan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam hati kita sebagai bangsa Indonesia.

Sejarah

Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Seperti apa sejarah hari lahir Pancasila? Lahirnya pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Sukarno pada 1 Juni 1945.

Sejarah hari lahir Pancasila, diambil dari rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengadakan sidang pertama dari 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.

Rapat pertama diadakan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad atau Perwakilan Rakyat.

Setelah beberapa hari tidak mendapat titik terang, pada 1 Juni 1945, Sukarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI.

Selanjutnya BPUPKI membentuk panitia kecil untuk merumuskan dan menyusun Undang-Undang Dasar (UUD) dengan berpedoman pada pidato Bung Karno tersebut. Lalu dibentuklah Panitia Sembilan terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin yang ditugaskan untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai Dasar Negara berdasar pidato yang diucapkan Soekarno pada 1 Juni 1945 dan menjadikan dokumen tersebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah melalui proses persidangan dan lobi-lobi akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Sukarno tersebut berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Kemudian disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Sukarno tersebut berisi tentang Lahirnya Pancasila.

Sehingga tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016.

Kalau melihat dari sejarahnya, Tanggal 1 juni merupakan Hari Lahir Pancasila dan  menjadi peringatan momen lahirnya Pancasila, yang merupakan  berasal dari pidato Persiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno mengenai rumusan dasar negara pada sidang BUPKI 1 Juni 1945.

Pemerintah menjadikan Hari Lahir Pancasila agar menjadi Hari Libur Nasional mulai pada tahun  2017, supaya seluruh warga negara Indonesia bisa menanamkan dalam jiwa Pancasila sebagai ideologi bangsa dan tidak bisa di gantikan.

Untuk  memperingati Hari Lahir Pancasila 2021, berikut ini kami share kumpulan ucapan Hari Lahir Pancasila mudah-mudahan  bisa menjadi inspirasi dan bisa mempererat hubungan kebangsaan dengan sesama.

“Siapapun bisa mengaku merasa Indonesia, paling Pancasila, dan sebagainya. Namun, hanya sedikit yang mampu merawat perbedaan di sekitarnya ketika dia diuji oleh keragaman.”

“Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.” – Ir Soekarno

“Sila artinya asas atau dasar, dan atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.” – Ir Soekarno

“Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.” – Ir Soekarno

“Lewat Pancasila, kita yang terdiri atas beragam suku, budaya, bahasa, dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia.”

“Pancasila merupakan identitas dan jati diri Bangsa Indonesia, yang menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keragaman.”

“Pancasila lahir sebagai perekat kebhinekaan Indonesia, yang mengandung nilai-nilai luhur untuk pedoman berbangsa dan bernegara.”

“Pancasila merupakan semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan kemanusiaan yang adil demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

“Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2021. Hari lahirnya sebuah ideologi yang mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu kesatuan. kesatuan Indonesia.”

“Mari berjuang bersama menjaga kesatuan dan persatuan di atas perbedaan. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.”

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”

“Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Pancasila adalah falsafah kehidupan di Indonesia. Mari kita mengimplementasikan nyata nilai-nilai Pancasila.”

“Mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan, jangan jadikan perbedaan sebagai penghalang. Selamat Hari Lahir Pancasila!”

“Selamat tanggal 1 Juni 2021. Mari kita amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari.”

“Semoga nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa menjadi pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara. Selamat Hari Lahir Pancasila.”

“Beda agama, beda bahasa, beda suku, namun satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila.”

“Selamat Hari Pancasila. Mari teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata.”