Breaking News

Qualcomm Snapdragon 778G Dengan Modem 5G Berikut Spesifikasinya

Qualcomm kembali dengan chipset berkemampuan 5G terbaru, kali ini Snapdragon 778G. Chip 5G seluler ini diproduksi dalam proses 6nm dan ditargetkan untuk perangkat kelas menengah.

Sejumlah pabrikan ponsel telah mengonfirmasi bahwa mereka didukung oleh Snapdragon 778G, di antaranya Honor, iQOO, Motorola, Oppo, Realme dan Xiaomi. Ponsel ini diharapkan memasuki pasar pada kuartal kedua tahun 2021.

“Snapdragon 778G telah dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM global guna memberikan kemampuan tambahan untuk platform berkinerja tinggi,” kata Kedar Kondap, wakil presiden manajemen produk Qualcomm.

“Snapdragon 778G menawarkan banyak teknologi premium terbaru dan fitur-fitur tingkat atas untuk mendukung pengetahuan generasi berikutnya dan jangkauan yang lebih luas,” kata Kedar.

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 778G dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi, Snapdragon X53 yang mendukung beberapa chipset 5G global, melalui spektrum mmWave dan frekuensi sub-6GHz.

Kecepatan unduh dikatakan hanya 3,3 Gbps. Chip ini menggunakan prosesor 2.4GHz Kryo 670 serta GPU Adreno 642L yang diklaim memiliki performa pemrosesan grafis 40 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Qualcomm juga menyertakan Spectra 570L ISP, yang mendukung hingga 192MP tunggal atau tiga kamera 22MP. Video gerak lambat hingga 720p / 240fps, HDR10, HDR10 + dan HLG juga didukung.

Fitur lainnya termasuk 5 teknologi terbaru Quick Charge, 3D Sonic Fingerprint Scanner, 3D Sonic Max, Wi-Fi 6E, NFC dan Bluetooth 5.2.

Untuk kebutuhan Artificial Intelligence (AI), hadir Qualcomm AI Engine generasi terbaru dengan prosesor Hexagon 770 yang menghadirkan performa hingga 12 TOP dan 2X dengan performa per watt lebih tinggi dari pendahulunya.

Chip ini memungkinkan perangkat untuk menggunakan peredam bising berbasis AI selama panggilan video / audio dan meningkatkan kinerja kamera berbasis AI.

Guna memenuhi kebutuhan Gaming, platform ini menghadirkan beberapa fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, di antaranya Variable Rate Shader (VRS) dan Qualcomm Quick Touch Game, dua fitur baru yang menarik kini hadir di Seri 7.

Dengan GPU Adreno 642L, VRS membantu mengurangi beban pada GPU dengan memberikan lebih banyak daya sekaligus mempertahankan resolusi visual tertinggi.

Ada juga fitur Game Quick Touch dari Qualcomm, yang memberikan respons input hingga 20 persen lebih cepat untuk latensi sentuh guna memberikan pengalaman bermain game profesional.

Spesifikasi Lengkap Platform Seluler Snapdragon 778G 5G.