Breaking News

Ini dia Daerah-Daerah Pertama Yang Bisa Akses Jaringan 5G Telkomsel

Komersialisasi jaringan seluler generasi kelima, juga dikenal sebagai 5G di Indonesia, sudah sangat dekat. Telkomsel merupakan salah satu operator seluler ternama yang telah lulus Uji Layak Operasi untuk mulai menggelar jaringan 5G-nya di Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, setelah selesainya pengoperasian Uji Layak Operasi di Direktorat Jenderal PPI Kominfo, Telkomsel akan menyediakan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi di DKI Jakarta.

“Pada tahap awal, Telkomsel berencana meluncurkan 6 kawasan hunian di Jakarta, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera,” kata Johnny.

Selain enam lokasi di Jakarta, tambah Johnny, Telkomsel juga akan meluncurkan layanan komersial 5G di beberapa kota lain, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Johnny meyakinkan setiap operator seluler yang akan menyediakan layanan seluler dengan menggunakan teknologi baru wajib menerapkan Uji Layak Operasi untuk memastikan layanan yang diberikan kepada masyarakat memenuhi standar kualitas.

Menurut Johnny, operator seluler dapat menggunakan pita frekuensi radio yang ada untuk menggelar layanan 5G.

“Spektrum RF yang akan digunakan Telkomsel dalam teknologi 5G menggunakan 2,3 GHz untuk bidang data dan 1,8 GHz untuk bidang kendali,” kata Johnny.

Secara terpisah, Vice President Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengatakan, layanan 5G nantinya dapat tersedia dari operator negara selain layanan 3G dan 4G, yakni melalui paket internet proprietary atau PAYU (Pay As You Use). …

“Ke depan, kami akan mengembangkan produk dan layanan 5G sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Ini juga akan sejalan dengan evolusi bertahap dan terukur dari ekosistem 5G, ”kata Denny.

Transparansi hingga 20 Gbps. Keberadaan layanan 5G Telkomsel terungkap setelah operator seluler tersebut mengunggah video 5G ke kanal YouTube resminya.

Video berdurasi sekitar 4 menit tersebut sebenarnya tidak mengungkap kapan Telkomsel akan meluncurkan 5G di Indonesia. Namun demikian, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio menjelaskan berbagai peluang 5G di tanah air jika nantinya Telkomsel akan menerapkannya secara merata.

“Teknologi 5G akan menjadi game changer bagi bangsa Indonesia,” kata Wishnutama dalam video tersebut.

Wishnutama mengatakan, teknologi 5G dilengkapi dengan berbagai peningkatan dibanding generasi sebelumnya (4G).

Dari segi kecepatan misalnya, kecepatan unduh 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lebih cepat dari 4G yang ditangguhkan pada 1 Gbps. “Kami hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengunduh video berdurasi dua jam,” kata Wishnutama.

Setelah itu, juga diklaim bahwa 5G memiliki latensi 1 milidetik, yaitu 10 kali lebih kecil dari 4G, dan mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 kilometer persegi, yaitu 10 kali lebih banyak dari yang didukung oleh teknologi 4G.