Breaking News

Untuk Cegah Berita Palsu, Facebook Akan Membuat Fitur Baru Untuk Membaca Terlebih dahulu Sebelum Berbagi

Facebook masih berusaha mencegah penyebaran berita palsu dan penipuan di platformnya. Satu demi satu, fitur-fitur baru diperkenalkan untuk mengurangi penyebaran berita ini.

Facebook dilaporkan sedang menguji fitur pemberitahuan bersulang baru-baru ini, yang bertujuan agar pengguna membaca artikel berita terlebih dahulu dan kemudian membagikannya dengan teman dan dalam obrolan grup.

Artinya, sebelum berita tersebut dipublikasikan, Facebook akan mencegat pengguna melalui jendela pop-up untuk mengingatkan mereka bahwa mereka telah membaca artikel tersebut.

“Mulai hari ini, kami (Facebook) menguji cara baru untuk menerbitkan artikel berita. Jika Anda ingin membagikan link ke artikel berita yang belum Anda buka, kami akan menampilkan pesan yang mendorong Anda untuk membuka dan membacanya terlebih dahulu sebelum membagikannya dengan orang lain, “tulis Facebook.

Isi pop-up tersebut berbunyi: “Jika Anda ingin membagikan artikel tanpa membacanya terlebih dahulu, Anda akan kehilangan fakta yang sebenarnya,” yang terdapat dalam pop-up tersebut.

Sebuah popup akan muncul ketika pengguna bermaksud untuk membagikan artikel yang belum dia buka. Nanti, Facebook akan menanyakan pengguna di jendela pop-up apakah mereka ingin membuka artikel dengan “artikel terbuka” atau membagikannya dengan orang lain untuk “melanjutkan posting.”

Facebook sudah menawarkan pop-up ini untuk memerangi penyebaran informasi yang salah di platformnya. Ini karena sangat mudah untuk memperdagangkan penipuan online melalui berbagai saluran seperti jejaring sosial Facebook.

Popup baru ini sedang menjalani pengujian untuk beberapa pengguna Facebook yang menggunakan Android.

Belum diketahui kapan penangkal pop-up berita palsu akan tersebar luas di kalangan pengguna Facebook. Kami tunggu saja.