Breaking News

Belum Terlihat Modelnya, Instagram Khusus Anak-Anak Sudah Di Protes

Pada bulan Maret, dilaporkan bahwa Facebook Inc, perusahaan induk Instagram, membuat aplikasi Instagram khusus untuk anak di bawah 13 tahun.

Meski belum terlihat modelnya, berbagai pihak keberatan dengan Instagram versi Khusus untuk Anak-anak.

Pernyataan ini dibuat oleh jaksa penuntut di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat (AS), termasuk New York, Texas, California, Nebraska, Michigan, Ohio, Utah, Vermont, Columbia, dan lainnya.

Dalam sebuah postingan, 40 pelamar membeberkan alasan memposting anak ini di Instagram.

Mereka mengatakan penggunaan media sosial seperti Instagram untuk anak yang diinisiasi oleh Facebook dapat membahayakan kesehatan dan kesejahteraan anak.

“Selain itu, Facebook secara historis gagal melindungi anak-anak di platformnya,” kata mereka. Pernyataan tersebut menyangkut apa yang terjadi pada aplikasi Facebook Messenger Kids, yang diluncurkan pada 2017.

Aplikasi ini dirancang dengan kontrol orang tua dan pada awalnya ditujukan untuk anak-anak berusia antara 6 dan 12 tahun.

Namun, laporan media pada tahun 2019 menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memiliki cacat desain sehingga anak-anak dapat melewati kontrol orang tua.

Misalnya, seorang anak dapat bergabung dalam percakapan kelompok dengan orang asing tanpa persetujuan orang tua sebelumnya.

Tidak hanya dalam hal kesehatan dan kesejahteraan anak-anak, Jaksa Agung Massachusetts Maura Haley juga mengatakan bahwa Instagram versi anak-anak adalah “upaya memalukan untuk mengambil keuntungan dari orang-orang yang rentan dan menguangkan mereka.”

Tanggapan Facebook

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Facebook mengatakan bahwa pengenalan Instagram pribadi untuk anak-anak masih dalam tahap awal.

Juru bicara menambahkan bahwa perusahaan telah mengakui persetujuannya bahwa keselamatan dan privasi anak-anak harus diprioritaskan dalam versi aplikasi Instagram apa pun.

Seorang juru bicara Facebook berkata, “Untuk mencapai ini, kami akan berkonsultasi dengan para ahli dalam perkembangan anak, keselamatan anak, dan kesehatan mental.”

Selain itu, Facebook mengakui tidak akan menayangkan iklan Instagram untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. Selain sekelompok jaksa, kampanye nasional Alliance for Free Childhood menentang versi anak-anak yang dikomersialkan dari Instagram.

Bulan lalu, koalisi juga meminta CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk tidak membuat Instagram untuk anak-anak tersebut. Pasalnya, Instagram versi anak-anak bisa membahayakan anak-anak.

Ini akan dikontrol oleh orang tua.

Masalah pembuatan Instagram khusus untuk anak-anak muncul pertama kali ketika VP Produk Instagram Vishal Shah diserahkan kepada staf Instagram.

Dalam postingannya, Shah juga mengatakan bahwa Instagram untuk anak-anak akan memiliki fitur keamanan dan privasi yang lebih baik untuk pengguna remaja. Inilah perbedaan antara Instagram untuk anak-anak dan Instagram biasa.

Shah menambahkan bahwa perusahaannya sedang menciptakan sesuatu yang baru dalam rangkaian produk komunitas yang akan berfokus pada dua hal.

Pertama, percepat upaya integrasi dan privasi untuk menjaga keamanan remaja.

Kedua, pembuatan versi baru Instagram yang memungkinkan anak-anak di bawah 13 tahun menggunakan Instagram dengan aman untuk pertama kalinya.

Facebook mengkonfirmasi berita tersebut. Facebook menjelaskan bahwa Instagram anak-anak akan dikontrol sepenuhnya oleh orang tua.

Banyak anak sekarang meminta izin orang tua mereka jika mereka dapat menggunakan aplikasi Instagram orang tua mereka untuk tetap berhubungan dengan teman-teman mereka, kata juru bicara Facebook.