Breaking News

Clubhouse Sudah Tersedia di Andorid Namun terbatas

Akhirnya setelah lama menunggu, Android Clubhouse resmi diluncurkan. Popularitas jejaring sosial berdasarkan komunikasi menurun.

“Menurut kami Android Clubhouse akan menjadi lebih sempurna. Kami sangat berterima kasih kepada semua pengguna Android yang telah menunjukkan kesabaran, ”kata Paul Davison dan Rohan Seth, duo pendiri Clubhouse.

“Apakah Anda seorang pencipta, penyelenggara klub, atau seseorang yang hanya ingin menjelajah, kami sangat senang memiliki Anda di komunitas.”

Clubhouse mulai meluncurkan aplikasi Androidnya pada Minggu (09/05/2021) waktu AS. Ketika saya mencoba menemukannya di Play Store, aplikasi Clubhouse muncul, tetapi belum diunduh. Ternyata Android Clubhouse masih terbatas untuk pengguna dari Negeri Paman Sam saja.

“Rencana kami untuk beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik komunitas, memperbaiki masalah yang telah kami lihat, dan bekerja untuk menambahkan beberapa fitur terbaru seperti pembayaran dan persiapan klub sebelum diluncurkan dalam skala yang lebih besar,” kata blog Post.

Aplikasi Android, yang menurut perusahaan adalah komunitas yang paling banyak diminta saat ini, akan diluncurkan di pasar berbahasa Inggris lainnya dan di seluruh dunia dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Pengguna di luar AS sekarang dapat mendaftar ke Google Play Store, sehingga mereka akan diberi tahu saat aplikasi tersedia di wilayah tersebut.

Namun, Clubhouse mengatakan bahwa platform hanya akan berfungsi dengan undangan untuk saat ini. Artinya, ini tidak terbuka untuk semua orang. “Ini adalah bagian dari mempertahankan pertumbuhan yang terukur,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pertanyaannya adalah apakah kehadiran Clubhouse di Android akan menjadi popularitas yang kini saya hilang.

Sejak 2021, klub semakin populer. Pada Februari 2021, aplikasi podcast sosial diunduh 9,6 juta kali. Namun, sekarang jumlah unduhan Clubhouse anjlok hingga 900 juta kali lipat.

Pada bulan April, data Clubhouse Sensor Tower diunduh sekitar 922.000 kali di seluruh dunia. Ini 66% lebih sedikit dari pada bulan Maret, ketika ada 2,7 juta instalasi, dan pada bulan Februari – sebanyak 9,6 juta unduhan.

Sensor Tower mengatakan: “Pertumbuhan pengguna telah melambat di bulan April dalam beberapa bulan terakhir. Namun, data menunjukkan retensi pengguna yang kuat. ”

Sensor Tower mengatakan pengguna Clubhouse masih kuat karena pengunduh masih menyimpan aplikasi di ponsel mereka.

Tetapi perhatian utama perusahaan adalah penurunan yang signifikan dalam jumlah unduhan. Artinya jumlah calon pengguna aplikasi masih sedikit.

Saya benar-benar memperhatikan bahwa beberapa raksasa teknologi termasuk Facebook, Twitter, Discord, Spotify, Reddit, dan LinkedIn meluncurkan layanan obrolan suara. Bahkan Twitter Spaces akan menjadi pesaing kuat jika Anda melihat banyak pengguna media sosial dengan ikon burung biru dengan layanan obrolan suara ini.