Jelaskan hubungan antara ion dengan daya hantar listrik suatu larutan elektrolit

Pertanyaan :

Jelaskan hubungan antara ion dengan daya hantar listrik suatu larutan elektrolit

Jawaban :


,
,
, Larutan elektrolit dapat dibedakan dengan larutan nonelektrolit dengan melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan rangkaian listrik sederhana.Larutan elektrolit dapat dibedakan menjadi dua jenis lagi, yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Setelah melakukan percobaan akan diketahui bahwa larutan listrik dapat menyalakan lampu dengan terang dan memiliki gelembung yang banyak. Sementara pada larutan elektrolit lemah, nyala lampunya redup dan memiliki sedikit gelembung, karena daya hantar listriknya tidaklah sebesar larutan elektrolit kuat. Pada larutan nonelektrolit tidak akan menyalakan lampu dan tidak akan menimbulkan gelembung., Senyawa ion tersusun atas ion positif (kation) dan ion negatif (anion) dan akan terurai (terhidrasi atau terdisosiasi) menjadi ion-ionnya ketika dilarutkan dalam air. Selain, berebentuk larutan senyawa ion berbentuk lelehan juga dapat menghantarkan listrik. Pada saat meleleh, senyawa ion akan terurai menjadi ion-ion yang bergerak bebas, sedangkan padatannya tidak dapat menghantarkan listrik karena ion penyusunnya tidak terurai., Terjadi karena adanya perpindahan proton dari molekul tersebut kedalam molekul air. Saat senyawa-senyawa kovalen dilarutkan dalam air, akan terjadi reaksi kimia dan terurai menjadi ion-ionnya. Semakin banyak jumlah ion yang terkandung dalam larutan elektrolit, maka akan semakin tinggi pula daya hantar listriknya., Kekuatan larutan elektrolit dapat dinyatakan sebagai derajat ionisasi atau derajat disosiasi. Derajat ini dapat dicari dengan membagi jumlah mol yang terurai dengan jumlah mol mula-mula. Nilai derajat ini dapat menjelaskan kekuatan daya hantar listrik. Elektrolit kuat memiliki nilai ionisasi 1 atau mendekati 1 berarti terionisasi sempurna. Elektrolit lemah nilai derajat ionisasinya terletak anatara 0 sampai 1, berarti terionisasi sebagian. Sementara larutan nonelektrolit memiliki nilai derajat ionisasi 0 yang berarti tidak terionisasi., Hubungan konsentarasi suatu larutan dengan daya hantarnya adalah, 201csemakin tinggi konsentrasi suatu larutan maka, semakin tinggi pula daya hantarnya201d.,

Itulah Jawaban dari Jelaskan hubungan antara ion dengan daya hantar listrik suatu larutan elektrolit Semoga jawaban tersebut bisa membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban dari apa soal yang di tanyakan. Kemudian kami menyarankan adik-adik agar melakukan pencarian jawaban dari soal selanjutnya kemudian temukan jawabannya hanya di situs kami.

Disclaimer:

Jawaban yang kami sediakan di atas hanyalah untuk digunakan oleh orang tua atau wali siswa dalam memandu proses belajar sehingga memudahkan. dan juga Soal diatas merupakan pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban yang berbeda dan tidak terpaku seperti jawaban di atas.

quotesul.com