Breaking News

Menjelang Idul Fitri, Pemulihan koneksi internet Di Jayapura Sudah 2 Gbps

Menjelang Idul Fitri, koneksi internet sudah seharusnya menjadi primadona. Lantas bagaimana dengan Jayapura yang kehilangan koneksinya? Proses pemulihan terus dipercepat.

Demikian disampaikan Manager Network and IT Solutions Telkom, Herlan Weganarko. Mengirimkan berita terbaru seputar pemulihan layanan TelkomGroup yang terganggu di Jayapura.

Gangguan ini disebabkan putusnya sistem komunikasi kabel bawah laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) divisi Biak Sarmi. Kapasitas bandwidth Jayapura secara bertahap ditingkatkan.

Kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura sebesar 2 gigabit per detik didukung infrastruktur 500 Mbps di Palapa Ring Timur dan 1507 Mbps link satelit yang dioperasikan oleh Telkomsat, kata Herlan.

Selain itu Telkom juga telah menyiapkan kapal-kapal yang akan diberangkatkan. Kapal ini akan melakukan penyambungan dan perbaikan kabel yang putus. Ini merupakan tantangan yang cukup berat karena kabel yang dipotong memiliki kedalaman 4.050 meter.

“Kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses reformasi berjalan lancar dan warga Jayapura bisa mendapatkan pelayanan secepatnya,” kata Herlan.

Dengan demikian, total kapasitas pulih bandwidth Telkom di Jayapura saat ini adalah 2.007 Gbps. Telkom terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas tersebut dengan mengerahkan teknisi dan personel lapangan untuk mengaktifkan backlink dan mengawal proses pemulihan layanan agar dapat segera diselesaikan.