SMS Link Lacak Paket Berisi Malware

Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC) telah mengumumkan bahwa ada kasus malware yang menyebar dengan tautan SMS yang ditampilkan.

Malware bernama Flubot dilaporkan menginfeksi beberapa pengguna Android di Inggris.

Malware ini diklasifikasikan sebagai berbahaya, karena dapat mencuri kredensial pengguna, seperti ID dan sandi perbankan online.

Selain Inggris, Flubot juga telah menyebar ke banyak negara, termasuk Spanyol, Jerman dan Polandia.

Flubot diketahui menyebar melalui pesan singkat yang berisi tautan pendek.

Agar terlihat bagus, pesan juga dikirim ke agen agen DHL dan perusahaan kurir. Pesan tersebut mengatakan bahwa korban dapat melacak pengiriman paket yang terlewat, dengan membuka tautan yang disertakan.

Jika tautan tersebut terbuka, korban akan dibawa ke situs web palsu yang mengarah ke situs web resmi DHL. Halaman tersebut kemudian meminta korban untuk mengunduh aplikasi yang menurutnya dapat membantu melacak paket tersebut.

Setelah diinstal di ponsel korban, aplikasi yang berisi malware Flubot akan meminta izin untuk mengakses SMS, kontak, riwayat panggilan, dan membuat jendela baru di atas aplikasi lain.

Tidak hanya mencuri informasi korban, Flubot juga dapat menyebarkannya secara otomatis dengan mengirimkan link yang berisi malware ke kontak yang tersimpan di ponsel korban.

Untuk mencegah penyebaran malware Flubot, disarankan agar pengguna tidak membuka link yang dikirim dari tujuan yang tidak diketahui.

Namun setelah Anda membuka tautan tersebut, pastikan Anda tidak mengunduh atau memasang aplikasi yang terdaftar di situs ilegal sebelumnya.

Sementara itu, pengguna disarankan untuk menunggu paket DHL langsung menghubungi petugas departemen layanan pelanggan DHL.

Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris juga memberikan pedoman bagi pengguna yang salah mengunduh aplikasi yang berisi Flubot.

Baca Juga  Ghimob Malware Baru Yang Bisa Curi Data di 153 Aplikasi Android

Beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna adalah tidak memasukkan kata sandi di telepon.

Pengguna juga perlu memformat ponsel atau tablet mereka dengan cepat karena ini adalah satu-satunya cara untuk menghapus malware Flubot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *