Aplikasi Penghitung Zakat Untuk Android

Di bulan Ramadhan yang diberkahi, umat Islam tidak hanya diwajibkan untuk berpuasa. Zakat Fitri juga harus dibayarkan sebelum Idul Fitri.

Tidak hanya zakat ul-fitrah, umat Islam wajib membayarnya pada waktu-waktu tertentu. Besarnya zakat juga berbeda-beda tergantung dari jenis zakat yang ingin Anda bayarkan.

Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menghitung zakat yang harus dibayarkan. Karena berkat kemajuan teknologi, penghitungan zakat bisa lebih mudah.

Ada banyak aplikasi penghitungan zakat yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah zakat berdasarkan jenisnya, dan berikut beberapa aplikasi kalkulator zakat yang dapat Anda unduh di platform Android.

Table of Contents

KitaBisa

Platform crowdfunding online ini dikenal sebagai saluran penggalangan dana bagi masyarakat Indonesia. Namun aplikasi ini juga memiliki fitur kalkulator zakat untuk menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan. Gampang, cukup buka aplikasi Kitabisa atau situs Kitabisa.com.

Kemudian pilih menu Zakat> Kalkulator> Pilih jenis zakat yang ingin Anda bayarkan, apakah uang zakat, zakat profesional atau zakat Fitrah.

Isi setiap kolom dengan lengkap untuk melakukan penghitungan. Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah membayar zakat secara online. Aplikasi KitaBisa dapat diunduh dari Play Store.

Tokopedia

Startup Indonesia Unicorn tidak hanya memiliki layanan e-commerce. Tokopedia juga memiliki fitur Zakat yang memudahkan pengguna dalam menghitung dan membayar zakat langsung dari aplikasi Tokopedia.

Fitur ini bisa didapatkan dengan membuka aplikasi Tokopedia> Lihat semua> Zakat> Memilih jenis zakat yang dibutuhkan, apakah zakat uang atau zakat ul-fitrah. Untuk menghitung zakat atas uang, pilih opsi “Hitung Zakat” dan isi semua kolom yang diperlukan untuk melakukan penghitungan zakat.

Setelah muncul nama zakat yang akan dibayar, pengguna dapat membayar zakat secara instan melalui aplikasi Tokopedia. Aplikasi Tokopedia dapat diunduh dari Play Store.

Baca Juga  Bingung cari Aplikasi Buat Download Video Yang kamu Suka? Ini Caranya

Zakat

Zakat adalah aplikasi online untuk menghitung dan membayar zakat, belanja dan sedekah secara online yang dikelola oleh Lembaga Zakat Nasional (LAZNAS).

Aplikasi 8,3MB ini telah diunduh lebih dari 5000 kali. Karena aplikasi zakat, belanja, dan zakat, fitur-fitur di dalamnya juga lebih spesifik.

Penerapan zakat berisi lebih banyak jenis zakat, seperti zakat pendapatan, zakat tabungan, zakat perniagaan, zakat emas, zakat fitrah, zakat sewa aset, zakat ternak, zakat perak, zakat pertanian, zakat tentang hadiah, dan tebusan.

Untuk menghitung zakat yang harus dibayarkan, klik ikon kalkulator di bagian bawah layar. Kemudian pilih jenis zakat yang ingin Anda bayarkan, dan isi semua kolom yang diperlukan untuk menghitung zakat.

Pengguna dapat membayar zakat secara online melalui aplikasi Zakatpedia. Selain menghitung dan membayar zakat, pengguna juga bisa melihat peraturan perundang-undangan dan ketentuan masing-masing jenis zakat. Aplikasi Zakatpedia dapat diunduh di Play Store.

4. BenihBaik

Seperti KitaBisa, BenihBaik adalah aplikasi crowdfunding untuk mengumpulkan dana. Aplikasi ini juga berisi kalkulator pembayaran zakat dan zakat.

Setelah membuka aplikasi, pilih menu Zakat> Pilih jenis zakat yang diinginkan, apakah zakat fitrah, uang zakat, profesi atau pengeluaran. Setelah menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan, pengguna dapat membayar zakat secara instan melalui aplikasi BenihBaik.

Aplikasi ini bekerja sama dengan lembaga zakat nasional, seperti Zakat Nasional Al Bidaa (BAZNAS), BMM, Zakat Al-Tombak, dan Dumbet Dhuafa. Aplikasi BenihBaik dapat diunduh dari Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *