Apple Sedang Mengembangkan Layar IPhone Lipat Dengan Panel OLED

Apple sedang mengembangkan layar iPhone lipat 8 inci yang menggunakan panel OLED dan resolusi QHD +. Layar iPhone yang dapat dilipat ini diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2023, menurut prediksi analis Apple Ming-Chi Kuo.

Dalam catatan untuk investor, Kuo mengatakan Apple dapat bermitra dengan Samsung sebagai pemasok eksklusif untuk layar OLED fleksibel untuk digunakan di iPhone yang dapat dilipat. Namun Kuo belum membeberkan detail lain seperti spesifikasi atau desain.

Berdasarkan rencana kapasitas produksi Apple, Kuo berharap raksasa teknologi ini bisa menjual 15 hingga 20 juta unit iPhone lipat pada 2023.

Kuo memprediksi ke depannya ponsel dengan layar lipat akan diperkenalkan oleh semua vendor ponsel besar dan menjadi produk yang wajib dimiliki. Kehadiran ponsel dengan layar lipat juga bisa mendorong “super replacement cycle” dari ponsel high-end.

“Kami berharap perangkat dengan layar lipat dapat mengaburkan kesenjangan antara smartphone, tablet, dan laptop di masa mendatang,” kata Kuo

“Dengan ekosistem multi-produk dan keunggulan desain perangkat keras, Apple akan menjadi pemenang terbesar dalam hal proyektor lipat baru,” lanjutnya.

Kuo percaya bahwa iPhone yang dapat dilipat akan menggunakan solusi “silver nanowire touch” untuk layarnya, yang akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi Apple di pasar layar yang dapat dilipat. Teknologi ini akan sangat penting untuk perangkat layar lipat yang memiliki lebih dari satu lipatan.

Kuo mengatakan Apple sudah menggunakan teknologi antarmuka sentuh nanowire perak pada speaker pintar HomePod. Jadi mereka sudah menguasai teknologi ini meski dengan biaya yang lebih rendah dan volume produksi yang lebih kecil.

Ini bukan pertama kalinya Kuo menyebarkan rumor tentang iPhone yang dapat dilipat. Pada Maret lalu, dia mengatakan Apple berencana meluncurkan iPhone lipat dengan ukuran layar 7,5 hingga 8 inci pada 2023.

Baca Juga  Aplikasi Ini Dapat Mengubungkan Smartphone Ke TV

Tetapi pada saat itu, Kuo mengatakan jadwal peluncuran didasarkan pada bagaimana Apple menyelesaikan masalah teknis kritis dan produksi massal.

Menurut Kuo, Apple belum secara resmi mulai mengembangkan iPhone yang dapat dilipat. Namun mereka benar-benar mulai bereksplorasi dengan meminta Foxconn memproduksi dua prototipe dengan desain berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *