Kabel Bawah Laut Milik Telkom Putus, Internet Di Jayapura dan Sekitarnya Lumpuh

Kabel bawah laut putus dari Telkom Jayapura pada jarak 360 km. Akibatnya, mobile internet tidak bisa digunakan sejak Jumat malam (30/4).

Ketua Telkom Jayapura Sugeng melalui pesan singkat kepada ANTARA mengatakan, lokasi pemutusan kabel bawah laut berada di wilayah Jayapura antara Sarmi dan Biak.

“Perkiraan perbaikan sekitar satu bulan,”

Sugeng mengatakan, proses perbaikan kabel laut yang putus terlalu lama karena harus menunggu kapal khusus. Saat ini warga sekitar hanya bisa berkomunikasi menggunakan SMS dan telepon.

Di sisi lain, Sugeng mengatakan penyebab jatuhnya kabel bawah laut di titik sepanjang 360 km masih belum diketahui.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, panggilan telepon dan SMS baru bisa dilakukan pada Sabtu pagi. Sementara itu, internet lumpuh sejak Jumat malam (30/4).

Telkom meminta maaf atas internet yang lumpuh di Jayapura dan sekitarnya, serta dampak dari pemadaman kabel bawah laut.
Layanan Telkom di Jayapura dan sekitarnya telah mengalami gangguan pada Jumat malam (30/4) sejak pukul 19.40 WIB, akibat terganggunya infrastruktur kabel bawah laut di sistem kabel Sulawesi Maluku Papua (SMPCS) divisi Biak – Sarmi.

Vice President Corporate Communications Telkom Pujo Pramono mengatakan layanan telepon dan SMS kembali normal di hari yang sama dengan kecelakaan yang terjadi, tepatnya pada pukul 22.45 WIB.

Sementara itu, layanan data, baik fixed maupun mobile broadband, masih dalam proses pemulihan bertahap QoS melalui peningkatan kapasitas satelit dan sistem komunikasi radio berbasis IP terestrial, serta dukungan infrastruktur lainnya, termasuk penggunaan jaringan Palapa Timur. Resonansi.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan dan masyarakat di sekitar Kab. Jayapura terkena dampak. Kami akan berusaha agar kualitas layanan segera normal kembali.”

Baca Juga  Resmikan Smart Village Nusantara, Telkom Siap Mendukung Digitalisasi Desa

Sebelumnya, Kepala Telkom Jayapura Sugeng melalui SMS mengatakan lokasi pemutusan kabel laut berada di wilayah Jayapura antara Sarmi dan Biak.

“Perkiraan reformasi sekitar satu bulan,” ujarnya.

Sugeng mengatakan, proses perbaikan kabel laut yang putus terlalu lama karena harus menunggu kapal khusus. Sementara itu, Sugengmengatakan penyebab jatuhnya kabel bawah laut di titik sepanjang 360 km tersebut masih belum diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *