PlayStation 5 Bisa Transfer Data Game ke Media USB Eksternal

Sony baru-baru ini mengumumkan pembaruan sistem untuk konsol PlayStation 5 (PS5). Dengan pembaruan pertama ini, Sony menghadirkan sejumlah fitur baru ke sistem game PS5.

Salah satu hal yang paling menarik adalah kemampuannya yang memungkinkan pengguna menyimpan data game PS5 ke media USB eksternal.

Fitur ini terbilang praktis karena pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan di konsol PS5 mereka dengan mentransfer data game yang mungkin sudah tidak dapat diputar lagi.

Jika suatu saat ingin bermain game lagi, pengguna bisa menyalin data yang tersimpan di USB eksternal ke konsol PS5.

Persyaratan spesifikasi yang harus dimiliki drive USB adalah 250 GB untuk kapasitas penyimpanan minimal 8 TB dan kapasitas maksimumnya.

Proses transfer datanya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghubungkan USB eksternal ke port USB di PS5.

Pengguna dapat mengakses menu Game Library dan memilih game mana untuk mentransfer data.

Tekan tombol “Opsi” dan pilih opsi “Salin” untuk mentransfer game PS5, atau klik opsi “Transfer ke Penyimpanan Tambahan USB, Pindah ke Penyimpanan Konsol” untuk game format PS4. Harap dicatat bahwa game yang disimpan di drive USB tidak dapat dimainkan langsung di perangkat lain.

Ini karena perbedaan jenis file dan kompatibilitas perangkat.

Selain fitur penyimpanan, Sony juga memberikan kemampuan berbagi layar untuk pengguna PS4 dan PS5.

Berkat fitur Share Screen yang baru, pengguna PS4 dan PS5 bisa berbagi tampilan game yang sedang dimainkan. Dengan fitur Share Screen, pengguna PS4 bisa memainkan game PS5 dengan konsol virtual atau sebaliknya.

Pengguna konsol PS4 dan PS5 kini bisa saling mengirim undangan untuk mengajak pemain lain bergabung dan memainkan game tersebut.

Makanya, keduanya bisa memainkan game secara bersamaan dalam mode multiplayer.

Sony juga menerapkan pembaruan untuk menawarkan penyesuaian konten PS5 serta pembaruan untuk aplikasi PlayStation di Android dan iOS.