Facebook Membuat Inovasi Di Dunia Augmented Reality

Facebook menunjukan beberapa inovasi terbarunya di dunia Augmented Reality (AR), termasuk gelang pintar yang dapat keyboard virtual dan membaca pikiran .

Divisi Facebook Reality Labs yang mengembangkan Inovasi ini dengan menggunakan teknologi dari CTRL-Labs, startup yang mereka akuisisi tahun 2019 yang lalu. Dalam video demonstrasinya, perangkat ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan seperti mengetik atau memainkan game virtual.

Gelang pintar ini dapat membaca sinyal neurologis yang dikirim dari otak pemakai ke tangan mereka. Sinyal ini dibaca untuk digunakan untuk memperkirakan apa yang ingin dilakukan pemakai dan menirunya di virtual.

Director of Research Science Facebook Reality Labs, TR Reardon mengatakan, Anda sebetulnya mempunyai lebih banyak otak yang didedikasikan untuk mengontrol pergelangan tangan Anda daripada bagian lain di tubuh Anda.

Tahmbahnya, mungkin 2x lebih banyak neuron mengontrol pergelangan tangan dan pergerakan tangan dibanding yang didedikasikan untuk mulut saat makan dan berbicara,

Reardon mendemonstrasikan gerakan ‘force’ di mana pemakai dapat memakai jari mereka di dunia nyata untuk mengendalikan objek virtual di AR. Nama gerakan ini mengikuti istilah dari Star Wars di mana sejumlah karakter dapat mengontrol orang atau objek dari jarak jauh.

Selain itu, pihaknya juga mendemonstrasikan gelang dengan elektromiografi dimana pemakai dapat mengetik sesuatu di permukaan mana pun dengan keyboard virtual. Gelang ini bekerja dengan mengenali niatan gerakan jari pemakai dan menampilkan huruf dan angka yang ingin diketik.

Teknologi gelang pintar ini akan disandingkan dengan kacamata pintar buatan Facebook yang rencananya dirilis pada tahun ini. Kacamata AR ini dikembangkan dengan Luxxotica dan berbentuk seperti kacamata hitam dari Ray-Ban.

Kacamata pintar ini tidak mempunyai mekanisme input tersendiri, berbeda dengan headset VR Oculus yang mempunyai kontroler. Untuk itu Facebook mengembangkan gelang pintar ini supaya pemakai dapat mengontrol kacamata pintar tersebut dengan lebih mudah.

Namun sepertinya Facebook tidak akan merilis teknologi ini dalam waktu dekat. CTO Facebook Mike Schroepfer mengatakan produk tersebut masih dalam tahap awal pengembangan.