Breaking News

Perseteruan Apple Dengan Facebook Masih Berlanjut ?

Perseteruan antara Apple dengan Facebook semakin memanas. Sehingga CEO Facebook Mark Zuckerberg kembali mengkritik Apple saat berbicara di Clubhouse.

CEO Facebook pernah mengatakan dia tidak senang dengan aturan privasi terbaru dari Apple yang memudahkan pemakai iPhone / iPad untuk memblokir aplikasi yang ingin melacak aktifitas online mereka untuk menargetkan iklan. Aturan ini akan berdampak pada bisnis iklan Facebook.

Di lain sisi, Apple mengatakan kebijakan atau aturan ini akan menwarkan pengguna lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Kebijakan atau aturan baru ini akan diterapkan di iOS 14 pada awal musim semi mendatang.

Pada saat berbicara di Clubhouse dengan CEO Spotify Daniel Ek dan CEO Shopify Tobias Lütke, Zuckerberg kembali menekankan kebijakan ini akan menyulitkan bisnis dan pengembang kecil. Platform Facebook yang menghasilkan miliaran dolar dari iklan per tahunnya justru tidak begitu terdampak.

Menurut CEO Facebook mungkin saja mereka berada di posisi yang lebih kuat jika perubahan Apple mendorong lebih banyak bisnis untuk berdagang di platform mereka,

Tanggapan Zuckerberg ini terdengar lebih optimis dibanding pernyataan Facebook yang sebelumnya. Seperti saat menginformasikan laporan keuangannya di bulan Januari lalu, Pihaknya mengatakan kebijakan baru Apple ini dapat mempengaruhi bisnis iklan mereka di kuartal pertama.

Menyikapi Perubahan inin, Facebook telah bersiap dengan meliris platform belanja online sendiri. Merek meluncurkan Facebook Shops dan Instagram Shops yang memungkinkan bisnis menjual produk mereka langsung di Facebook dan Instagram.

Zuckerberg mengatakan sekarang Platform belanja mereka yaitu Facebook Shops sudah memiliki 1 juta seller aktif di layanannya dan 250 juta orang aktif memakai layanan in untuk berbelanja.