Taksi Tanpa Pengemudi Milik Baidu Dapat Izin Beroperasi Dijalan

Setelah behasil uji coba kendaraan otonom di Cangzhou, China, Baidu saat ini sudah mendapatkan izin untuk mengoperasikan dan memonetisasi layanan taksi tanpa sopir.

Layanan robotaxi Apollo Go milik Baidu telah diberikan izin oleh Pemerintah Kota Cangzhou untuk menjalankan tes komersialisasi dengan 35 mobil dan 10 izin tambahan yang bisa dipakai sepenuhnya untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi.

Hal itu membuat Baidu menjadi perusahaan pertama di China yang sudah menguji layanan robotaxi berbayar.

Mereka sudah menawarkan tumpangan tanpa sopir tersebut kepada publik secara gratis untuk membangun kepercayaan pengguna/konsumen mengenai kenyamanan dan keselamatan layanannya.

Selain itu Baidu melalui Apollo Go juga menjadi perusahaan pertama di Cangzhou yang mempeolrh izin untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi sepenuhnya untuk beroperasi di jalan-jalan kota. Sebelumnya, pengujian di dalam kota masih menggunakan pengemudi di dalam mobil.

Untuk memperoleh izin itu, Baidu perlu menuntaskan 50.000 kilometer pengujian di jalan lokal. Baidu juga menguji kendaraan tanpa sopir di dua kota yaitu Bejing dan Changsha, ibu kota Provinsi Hunan, China. Baidu berharap bisa menyebarluaskan layanan ke 30 kota dalam tiga tahun ke depan.