Breaking News

Kendaraan Taksi Tanpa Sopir Beroprasi Dijalanan, Sopir Tergantikan

Kendaraan mobil taksi tanpa sopir yang dapat berjalan sendiri mulai menyusuri jalan di China. AutoX, perusahaan yang disupport oleh Alibaba, sudah meluncur di armada taksi masa depannya itu di jalanan umum kota industri Shenzhen.

AutoX menyatakan sebagai perusahaan pertama di China yang melakukan langkah ini, dimana kehadiran sopir sama sekali tidak dibutuhkan. Sebelumnya, pemerintah memberi persyaraant ada sopir di mobil tanpa pengemudi dalam rangka keamanan.

Nah, armada AutoX tidak memakai sopir/pengemudi. AutoX menyediakan 25 taksi otonom yang akan mengantar secara otomatis para penumpang di pusat kota Shenzhen.

AutoX mengungah sebuah video bagaimana kendaraan Fiat Chrysler Pasifica mengemudi sendiri di kota yang sibuk itu. Terlihat penumpang masuk dan diantar ke tujuan, juga bagaimana mobil dengan mulus menghindari halangan atau berhenti saat dibutuhkan.

CEO AutoX, Jianxiong Xiao mengatakan, setelah pihaknya bekerja keras beberapa tahun, kami akhirnya mencapai titik di mana teknologi ini telah cukup matang, bahwa kami merasa percaya diri untuk tidak menggunakan sopir untuk keamanan.

AutoX sukses meyakinkan regulator bahwa taksi otonom itu aman menurut data yang diperoleh selama masa uji coba. AutoX punya sekitar seratus kendaraan taksi otonom yang dicoba di sejumlah kota di China.

Taksi tanpa sopir memang menjadi salah satunya mengarah pada transportasi umum masa depan. Amerika Serikat juga sedang uji coba kendaraan taksi otonom dilakukan secara intensif.

Pada bulan Oktober lalu, perusahaan Waymo yang berada di bawah Alphabet, memberitahukan akan mulai menjalankan layanan taksi otonom tanpa sopir pada warga di Phoenix, Arizona.