Android 10 Menjadi Versi Android Yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

Smartphone Android menguasai pangsa pasar smartphonr di Indonesia. Sejumlah firma riset pasar selalu memposisikan vendor smartphone Android di lima besar penguasa Tanah Air. Dari beberapa versi Android yang ada, Versi Android 10 menjadi yang terpopuler di Indonesia.

Menurut laporan perusahaan analitk StatCounter mencatat, Android 10 terpasang di 34,37% smartphone Android di Indonesia. Penggunaan Android 10 yang banyak ini karena dari strategi Google yang mewajibkan seluruh smartphone Android keluaran tahun 2020 untuk memakai Android 10.

Data itu dikumpulkan StatCounter selama 1 tahun mulai dari februari 2020 hingga februari 2021. Data ini juga menunjukkan jumlah penggunaan Android versi lain. Versi Android terpopuler selanjunya menurut StatCounter adalah Android 9 Pie mencapai 20,59%.

BACA JUGA : Ini Dia Aplikasi MyHeritage Membuat Foto Jadi Hidup

Selain itu, ada juga smartphone yang memakai Android versi lawas. Walau pun, jumlah itu kurang dari 50% dari total keseluruhan pemakai Android di Indonesia.

Sebanyak 15,36% diketahui masih memakai Android 8.1 Oreo yang sudah dirilis pada 2017. Sementara Android 6 Marshmallow yang dirilis pada tahun 2015 lalu, masih dipakai sekitar 7,9% oleh pengguna Android di Indonesia.

Jumlah tersebut sedikit namun lebih banyak dibandingkan versi Android 7 Nougat yang sejatinya lebih baru ketimbang Marshmallow. Penggunaan Android 7.1 Nougat mencapai 7%.

Sedangkan versi Android 5 Lollipop yang diluncurkan sekitar 6 tahun lalu, masih dipakai oleh 6,2% smartphone Android di Indoensia.

BACA JUGA : Bocoran Fitur Pada Android 12

Laporan itu belum mencatat berapa jumlah pengguna Android 11 di Indonesia. Sedikit mengulas versi Android 10, versi yang sempat memiliki kode nama Android Q ini diluncurkan oleh Google pada September tahun 2019 yang lalu.

Di versi android ini pula, Google mulai tidak menggunkan nama kudapan manis sebagai nama sistem operasinya. Sejak Android 10,

Google mulai memakai angka untuk penamaan Android dan dipakai ke versi berikutnya yaitu Android 11 yang diluncurkan pada tahun 2020.

Android 10 membawa sejumlah fitur baru, diantaranya :

  1. Dukungan layar lipat
  2. Dukungan 5G
  3. Tema gelap
  4. Smart reply
  5. Kontrol orangtua
  6. Pengaturan privasi dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Mozila Firefox update Terbaru

Android 10 juga menjadi versi Android terpopuler di Amerika Serikat dengan jumlah pengguna mencapai 33%, Sedangkan Android 11 yang diluncurkan tahun 2020, menguasai 25% populasi smartphone dan tablet Android di AS, hanya dalam waktu 6 bulan setelah diluncurkan. Namun perlu diingat lapran StatCounter ini bukanlah laporan resmi dari Google.