Breaking News

Pendaftaran Kartu Prakerja Periode Maret 2021 Sudah Dibuka

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 13 mulai dibuka Kamis 4 Maret 2021.

Program ini memberi kesempatan untuk pencari kerja, korban PHK, hingga pelaku UMK yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif pelatihan sebesar Rp2,4 juta.

Persyaratan Kartu Prakerja

  1. Persyartan yang berhak menjadi peserta Kartu Prakerja yakni
    Warga Negara Indonesia min berusia 18 tahun ke atas, merupakan penganggur, pencari kerja atau pekerja, wirausaha, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  2. Belum pernah mendapatkan kartu prakerja atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya, jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tidak boleh lebih dari dua orang.
  3. Peserta Kartu Prakerja bukan pejabat negara, serta belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah, serta BPUM
  4. Untuk Pendaftaran program Prakerja, kamu harus memenuhi beberapa syarat ini:
  5. Peserta membuat akun di laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil registrasi akun dan login ke akun, peserta akan masuk ke dashboard akun. Pada bagian verifikasi identitas diri, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.
  6. Setelah itu, peserta akan diminta untuk melengkapi data diri dan upload foto KTP. Kemudian, peserta akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor hp. Setelah itu, ada OTP yang dikirimakan ke nomor hp yang kamu gunakan untuk kartu prakerja dan masukkan kode OTP tersebut. Lalu, klik verifikasi.

BACA JUGA : Cek Segera!! Bansos Periode Maret 2021 Sudah Cair

Peserta akan diminta mengisi beberapa pernyataan.

  1. Setelah proses pendaftaran selesai calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Test ini dilakaukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO. Berikutnya Pilih gelombang sesuai keinginan dan domisili kamu, klik gabung.
  2. Setelah itu, akan ada persetujuan Kartu Prakerja yang berisi pernyataan. klik kolom saya menyetujui.
  3. Peserta yang telah lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Kini, pemerintah bekerja sama dengan Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.
  4. Setelah menyelesaaiakan pelatihan, peserta akan mendapatkan E-sertifikat.
  5. Peserta akan menerima insentif setelah selesai pelatihan sebesar Rp600 ribu / bulan selama 4 bulan. Insentif itu akan disalurkan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta. Diantanya Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.