Beasiswa Unggulan KEMENDIKBUD – Begini Cara Daftarnya

Pelajar yang berprestasi disekolah biasanya akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah, dan itu dapat menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi pelajar dan juga menjadi semangat untuk pelajar lainnya untuk menjadi pelajar yang berprestasi. Untuk mendukung itu Pemerintah membuat program beasiswa unggulan Kemendikbud untuk masyarakat Indonesia.

Program pemerintah untuk Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan merupakan program yang ditujukan mendukung upaya peningkatan kualitas sumberdaya masyarakat Indonesia melalui penyediaan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar ataupun non gelar.

Sesuai dalam bidangnya, Kemdikbud, maka program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga seorang pelajar yang dibiayai dengan beasiswa diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Program tersebut juga mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah dalam memperkecil kesenjangan pada kinerja pendidikan antar-kelompok masyarakat, sehingga program tersebut juga memberikan sebuah peluang lebih besar untuk masyarakat tidak mampu dan yang tinggal di daerah tertinggal.

BACA JUGA  BERIKUT INI LINK PENDAFTARAN AKUN LTMPT SNMPTN 2021

Daftar Isi

Langkah-langkah Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Jika anda ingin mengikuti program beasiswa ini, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu tata cara pendaftarannya, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan saat mengajukan untuk bisa mendapatkan dari program beasiswa unggulan dari Kemendikbud :

Tahap 1

  1. Sebelum itu, ada baiknya membaca terlebih dahulu informasi dasar di halaman Butuh bantuan ataupun Frequently Asked Question (FAQ).
  2. Selanjutnya daftar Beasiswa Unggulan di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id dan melakukan aktivasi akun.
  3. setelah itu, masuk ke e-mail yang anda daftarkan untuk aktivasi akun, jika link aktivasi tidak ada lebih dari 30 menit, klik tombol Bantuan untuk mengganti e-mail.
  4. Selanjutnya aktivasi sukses, anda dapat masuk dihalaman beasiswa.
    Setelah itu lengkapi data di form pendaftaran, isi dengan benar. Jika telah memasukkan data yang sesuai, maka anda akan mendapatkan nomor pendaftaran.
BACA JUGA  Bukan Mobil listrik, Tesla Akan Bangun Energy Storage System Di Indonesia

Baca Juga : Beasiswa 2020 di indonesia ini mungkin bisa menjadi pilihanmu nanti

Tahap 2

Hasil seleksi yang lolos atau tidaknya dari tahap 1 akan dikirimkan melalui e-mail yang telah anda daftarkan. Waktu yang diberikan selama 24 jam. Peserta yang tidak lulus bisa mengikuti kembali Beasiswa Unggula pada Batch 2 di tahun yang sama. dan berikutnya menunggu pada tahap 3 untuk proses pemanggilan calon penerima beasiswa.

Tahap 3

Setelah hasil yang lolos diumumkan, selanjutnya, pemanggilan seleksi tahap 2 secara tatap muka dilakukan melalui e-mail. Bagi yang tidak hadir dinyatakan gugur. Jadi jangan sampai anda tidak mengecek tidak datang dan pastikan anda mengecek email.

BACA JUGA  Info - Beasiswa Djarum Plus 2021 Akan Dibuka

Tahap 4

  1. Peserta yang dinyatakan lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. Waktu yang diberikan selama 24 jam. Jika anda tidak hadir makan di anggap gugur atau di diskualifikasi.
  2. Peserta yang dinyatakan lolos akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas / perguruan tinggi / yang telah ditentukan. Waktunya sampai hari H tanda tangan kontrak. Jika anda berminat bisa mengetahui informasi lengkapnya melalui https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Nah itu lah mekanisme untuk mengikuti program beasiswa unggulan kemendikbud tahun 2019-2020. Buat kalian yang tidak lolos jangan berkecil hati, karena masih banyak program beasiswa lainnya yang bisa kalian ikuti dan manfaatkan untuk dapat pendidikan lanjutan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *