Breaking News

Google Belum Memberikan Update Aplikasi nya Di iOS

Sejak akhir tahun kemarin lalu Google belum mengupdate aplikasi utamanya di iOS, dan saat ini akhirnya mereka merilis update-an untuk aplikasi YouTube di iOS yang berisi perbaikan bug. Dugaan yang beredar mengatakan kalau Google tak mengupdate aplikasi di iOS terkait aturan privasi baru yang diterapkan Apple. Meski pihaknya sudah menepis tuguhan itu, tetapi mereka baru kali ini mengupdate aplikasinya di iOS sejak akhir 2020 lalu.

Google menulis di blognya, Saat nanti aplikasi Google di iOS di-update dengan fitur baru atau perbaikan bug, pengguna akan melihat update pada laman aplikasi mereka yang sudah dilengkapi App Privacy Details yang baru.

Selanjutnya, Label ini akan merepresentasikan kategori data maksimal yang akan dikumpulkan, artinya jika pengguna menggunakan semua fitur dan layanan yang ada di aplikasi tersebut. Data atau informasi yang pengguna berikan ke Google akan memberikan layanan yang berguna untuk pengguna, dan pengguna dapat selalu mengontrol privasinya dengan memubiuka Google Account atau melihat dalam aplikasi di iOS.

Apple mewajibkan vendor aplikasi untuk memberikan label privasi pada aplikasi buatannya. Aturan baru mereka itu diterapkan pada 14 Desember lalu, sebelum Google sempat mengupdate aplikasi di iOS.

Dalam aturannya Apple juga mewajibkan vendor aplikasi untuk mengungkapkan seberapa banyak data pengguna yang dikumpulkan, dan bagaimana mereka mengatur data tersebut.

Tetapi untuk aplikasi Google lain diantaranya Authenticator, Stadia, Classroom, dan Translate saat ini sudah mendapatkan update di iOS.

Tetapi untuk aplikasi utamanya memang belum ada update sama sekali. Bahkan sejumlah pengguna iOS sudah mendapat pemberitahuan yang mengatakan aplikasi mereka sudah ketinggalan karena tak mendapat update dalam dua bulan terakhir.

Dan Google sudah menghapus pesannya, tetapi mereka tetap belum memberikan update aplikasinya. perbandingan pada tahun sebelumnya, tidak adanya update ini memang terlihat seperti sebuah ketidaknormalan.

Seperti Aplikasi Gmail misalnya, pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sudah di-update lima kali. Sementara pada 2021 ini belum ada update sama sekali, beda dengan di android aplikasi tersebut sudah di-update empat kali.

Hal yang sama juga ditemukan di aplikasi lain seperti Google Maps, Search, Chrome, Drive, Docs, Sheets, Photos, Keep, Duo, dan Home.