Breaking News

Fitur Baru Telegram Yang Bisa Import Pesan Dari Aplikasi Chat Lain

Akhir dari permasalahan kebijakan privasi baru WA yang kontroversial, banyak pengguna yang bermigrasi ke aplikasi chatting lain seperti Telegram. Telegram ingin menghadirkan fitur baru untuk memindahkan chat dari aplikasi lain ke Telegram.

Fitur baru tersebut dikenal di aplikasi Telegram untuk iOS versi 7.4. Tapi tidak lama kemudian Telegram merilis update lain yang menghapus deskripsi soal fitur migrasi chat, jadi kemungkinan fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum siap diluncurkan secara resmi.

Berdasarkan release notes resmi dari Telegram, pengguna akan dapat memindahkan chat dari WA, Line, KakaoTalk dan aplikasi lainnya ke Telegram.

Cara memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram:

Buka dan export chat yang mau dipindahkan

Untuk memindahkan chat dari WA ke Telegram, cara m pertama yang harus dilakukan yaitu membuka halaman chat yang akan dipindahkan. Tidak hanya chat dengan sesama pengguna, chat di grup WA juga dapat dipindahkan.

Setelah membuka chat yang akan dipindahkan, masuk ke menu More yang ada di chat dan pilih Export Chat. WhatsApp akan meminta konfirmasi apakah ingin memindahkan konten media atau tidak.

Export chat ke Telegram

Selanjutnya WhatsApp akan membuat file dengan format ZIP yang berisi seluruh data percakapan. Akan muncul share sheet yang berisi pilihan aplikasi lainnya, lalu pilih Telegram.

Telegram akan menanyakan lokasi mana yang akan dipilih untuk menyimpan chat yang telah diimpor. Kalian bisa memilih antara chat dengan diri sendiri, ke grup baru atau ke kontak lainnya.

Chat berpindah ke Telegram

Setelah semua proses dilakukan selesai, chat dan media yang dipindahkan akan dapat dilihat dari lokasi chat baru di Telegram yang sudah dipilih. Pesan yang sudah dipindahkan dari aplikasi chatting lain akan memiliki tanda ‘Imported’.

Namun, fitur ini belum resmi diluncurkan. Karena banyak pengguna WhatsApp yang tidak ingin pindah ke aplikasi lain karena takut semua percakapannya hilang, fitur baru tersebut mungkin akan membuat Telegram menjadi lebih populer. Tetapi belum dapat diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi untuk Android dan iOS.