Breaking News

Fitur Mode Gelap Apa Bisa Berpengaruh Pada Smartphone?

Fitur mode gelap banyak disematkan di smartphone. Fitur itu diklaim dapat menghemat daya baterai ponsel. Fitur ini juga banyak tersedia di berbagai aplikasi.
Seperti mode gelap Twitter, Instagram dan Chrome memiliki fitur mode gelap yang dinilai yang dapat menghemat daya pada perangkat pengguna.

Namun mode gelap disebut hanya akan berpengaruh terhadap smartphone pada jenis layar tertentu. Hal ini yang jarang orang tidak ketahui. Berikut penjelasan dark mode yang dapat digunakan untuk menghemat daya.

Berpengaruh pada layar OLED

Device yang bisa menghemat daya jika ponsel pengguna memiliki layar Organic Light Emitting Diode. Layar tersebut akan bertahan lebih lama dengan mode gelap, sedangkan jika perangkat dengan layar LCD (liquid crystal display) tidak memiliki perbedaan yang berarti.

Layar OLED menghasilkan cahaya pada setiap piksel layar, yang berarti piksel hitam tidak akan menyedot daya sebanyak piksel yang memiliki warna terang.

Hal itu seperti mematikan lampu di rumah yang tidak menggunakan daya karena lampu tersebut tidak untuk menerangi apa-apa.

Pada layar LCD menyalakan pikselnya mulai dari tepi, sehingga jumlah daya yang digunakan sama meskipun layar seluruhnya hitam. Hampir pada semua laptop memiliki layar LCD, dan sebagian besar monitor desktop juga memiliki layar LCD.

Jenis Smartphone OLED

Device yang memiliki layar ini di antaranya Samsung Galaxy S21 series, iPhone 12, Google Pixel 5, Samsung Galaxy F62, Xiaomi Mi 11, Honor V40 5G, Realme V15 5G, Vivo X60 5G, hingga Huawei Nova 8 5G.

Dalam uji coba mode gelap pada iPhone XS Max misalnya, masa pakai baterai 5% hingga 30% lebih minim daripada saat mode terang. Tergantung pada kecerahan layarnya.

Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi tertentu selama beberapa jam, hasilnya bervariasi sebab kebanyakan orang tidak melihat aplikasi yang sama selama pengujian berlangsung.