pak Marta termasuk golongan orang yang mampu, setiap kali ada kesempatan, dia selalu berangkat haji bersama istri dan terkadang juga dengan kerabatnya.

pak Marta termasuk golongan orang yang mampu, setiap kali ada kesempatan, dia selalu berangkat haji bersama istri dan terkadang juga dengan kerabatnya. namun, ketika pak Marta akan berangkat haji lagi, ia melihat beberapa tetangganya yang hidup dalam kekurangan. sikap yang benar dilakukan oleh pak Marta adalah .

a. tetap melaksanakan haji karena uang hajinya sudah tersedia b. menunda keberangkatan haji dan mengutamakan membantu tetangganya

c. membatalkan haji untuk menemani tetangganya yang mengalami kesulitan

d. tetap berangkat haji dan memasrahkan kesulitan tetangganya kepada Allah

e. menggunakan uang hajinya untuk membantu tetangganya agar dikenal sebagai pahlawan

B. menunda keberangkatan haji dan mengutamakan membantu tetangganya Haji yang ia lakukan bukan lagi suatu kewajiban karena ia sudah haji beberapa kali. Haji yang diwajibkan hanyalah sekali dan selanjutnya sunnah, untuk itu membantu tetangganya yang sedang kesulitan lebih utama

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.