Daftar Penyedia Internet di Indonesia yang Paling Kencang dan Lelet untuk Akses Netflix

Netflix telah mengeluarkan daftar baru kecepatan internet yang diberikan penyedia layanan internet di Indonesia. Laporan ini hanya mencakup daftar ISP broadband.

Netflix menghitung kecepatan internet dari masing-masing penyedia layanan internet dengan membagi sesi-sesi prime time ke dalam rentang kecepatan 0,5 Mbps. Sesi prime time yaitu 3 jam teratas dari waktu streaming Netflix setiap hari untuk setiap ISP.

Selanjutnya, Netflix menghitung berdasarkan dari bitrate maksimum yang dihitung berdasarkan jenis kualitas video resolusi yang dipilih saat menonton, perangkat streaming, dan rumus penyandian.

Dalam situs resminya, platform Netflix menyebutkan ISP yang masuk dalam daftar ISP broadband yang konsisten memiliki lebih dari 1% jam streaming di suatu negara.

Pengukuran kecepatan internet yang dilakukan oleh Netflix dalam laporan ini dari data 6 bulan terakhir, dan berakhir pada bulan Desember 2020 kemarin.

Di Indonesia, kecepatan internet tertinggi saat menonton Netflix mencapai 3,4 Mbps. Kecepatan internet tersebut diberikan oleh beberapa ISP yang masuk posisi peringkat pertama, diantaranya Biznet, Cyberindo Aditama, GIG by Indosat Ooredoo, MNC Play, dan My Republic.

Peringkat kedua yaitu ISP yang memberikan kecepatan internet 3,2 Mbps, yakni XL Home dan LinkNet. Sementara peringkat ketiga yaitu ISP yang memberikan kecepatan 1 Mbps yang diberikan oleh Telkom.

Untuk Rata-rata kecepatan internet saat streaming Netflix yang diberikan ISP di Indonesia adalah 2,4 Mbps, setara dengan Republik Dominika.

Untuk rata-rata tertinggi Kecepatan internet saat streaming Netflix adalah 3,8 Mbps yang diraih negara Belanda, Australia, Belgia, Hong Kong, Singapura, Swiss, dan Thailand.

Dan rata-rata kecepatan internet yang paling rendah yaitu 1,4 Mbps saat streaming Netflix Di Venezuela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *